.

Strategi; Perbedaan Strategi dan Taktik

 

IKLAN DI SINI
Sering kita mendengar kata “Strategi”. Kata strategi identik dengan kata perang, dan sangat berdekatan dengan kata taktik. Strategi terkait dengan perencanaan dan penyelesaian suatu masalah untuk mencapai tujuan.
Banyak referensi menyebutkan bahwa kata “strategi” berasal dari bahasa Yunani yaitu strategos yang artinya “komandan militer” pada zaman demokrasi Athena. Hal ini disinyalir karena strategi terkait bagaimana seorang panglima perang bisa menang dalam sebuah peperangan.
Strategi muncul setelah metode. Metode mencakup keseluruhan gagasan dan cara mencapai tujuan. Sedangkan strategi dimaksudkan untuk mempercepat selesainya masalah saat penerapan metode. Dari sinilah muncul istilah taktik.
Taktik adalah cara pencapaian tujuan dalam tingkat operasional pelaksanaan yang mempunyai rentang waktu yang relatif pendek karena sifatnya taktis.
kompasiana.com
Para pakar berbeda pendapat mengenai strategi. Siagian (2004) menyatakan bahwa strategi adalah serangkaian keputusan dan tindakan mendasar yang dibuat oleh manajemen puncak dan diimplementasikan oleh seluruh jajaran suatu organisasi dalam rangka pencapaian tujuan organisasi tersebut.
Craig & Grant (1996) adalah strategi merupakan penetapan sasaran dan tujuan jangka panjang sebuah perusahaan dan arah tindakan serta alokasi sumber daya yang diperlukan untuk mencapai sasaran dan tujuan.
Dari perbedaan pendapat mengenai strategi, intinya adalah pencapaian tujuan. Strategi diterapkan setelah memetakan masalah untuk mencapai tujuan yang ingin dicapai. Sedangkan taktik, adalah cara ketika muncul masalah baru saat ingin menyelesaikan masalah.
Strategi; Perbedaan Strategi dan Taktik 4.5 5 Mushlihin, S.Pd.I, M.Pd.I Sering kita mendengar kata “Strategi”. Kata strategi identik dengan kata perang, dan sangat berdekatan dengan kata taktik. Strategi terkait...
IKLAN DI SINI



No comments:

Post a Comment